Sobat .........

Teman-teman yang melihat halaman ini, halaman web ini adalah untuk tujuan 'pembelajaran' saja dan jika anda merasakan artikel-artikel atau isu-isu ini membebankan saudara maka diharap kiranya saudara keluar dari halaman ini.

Jika anda dibawah 18 tahun, mohon maklum bahawa kami tidak bertanggungjawap atas apa-apa bentuk pelakuan saudara-saudara semua akibat membaca halaman ini.

Halaman web ini tidaklah selengkap yang adna ingikan tetapi diharap anda mendapat pengetahuan dan menggunakannya sebaik mungkin.

Silahkan hubungi kami jika terdapat apa-apa cadangan serta komentar yang membina dari saudara-saudara. Semoga jaya!

Jumat, 06 Mei 2011

TIP-TIP PACARAN YANG SEHAT




Pacaran yang dimaksud disini bukanlah berdua-duan dengan calon pasangan hidup, bermesraan atau bersayang-sayangan dengan seorang yang bukan muhrim kita, bukan melakukan tindakan- tindakan yang melanggar norma atau etika agama, namun yang dimaksud disini adalah penjajakan atau dalam istilah agama Islam taaruf ( perkenalan ) terhadap calon pasangan hidup kita. Dalam syariat atau ajaran Islam disunahkan kita melakukan taaruf selama paling lama tiga bulan, atas dasar pertimbangan hikmah. Jangan taaruf atau
pacaran lama- lama, apalagi sampai bertahun- tahun , hal demikian tidak disarankan dalam agama Islam.

Nah , menurut saya ada hal- hal yang perlu kita pelajari dimasa penjajakan itu , inilah Tips dari saya :
1. Bersikaplah Jujur apa adanya, jangan memanipulasi keadaan atau mengada- ada yang tidak ada pada diri anda. Sikap ini baik untuk diri anda sendiri maupun untuk pasangan, karena yang anda butuhkan kedepan adalah anda mampu mengenal pasangan anda dan juga terutama diri sendiri. Ingat bahwa yang anda butuhkan kedepan adalah hubungan yang baik, saling mengenal secara detail antara kedua pasangan.

2. Tunjukkanlah kelemahan- kelemahan anda . Mungkin ini rumus yang tidak lazim atau anda nggap konyol, namun cobalah objektif pada diri sendiri. Tunjukkan apa yang menjadi kelemahan anda. Karena hal ini lebih aman dan sangat diperlukan untuk menjadi antisipasi kedepan, apakah anda dan pasangan anda siap menerima kelemahan masing- masing.  Dengan mengetahui kelemahan masing- masing maka kita tak perlu lagi kaget jika kita tahu kelemahan itu. Lagi pula hal itu untuk mengukur kedewasaan dan kesabaran kita untuk menerima kenyataan buruk , dimana hal itu sangat diperlukan dalam hubungan kedepan. Ingat , jika anda bersikap sebaliknya, menunjukkan kebaikan dan kelebihan yang sebenarnya tidak ada pada diri anda , maka hal itu artinya adalah anda berbohong pada diri sendiri dan juga pasangan anda, dan hal itu sangat buruk untuk hubungan anda kedepan. Mungkin pasangan anda akan kagum pada kehebatan dan kelebihan yang anda miliki, namun kedepan yang anda perlukan bukan itu. yang anda perlukan adalah, anda mampu mengenal pasangan anda dengan detail. Ingat , jangan saling menipu, bersikaplah wajar.
3. Sikapilah masalah dengan bertanggung jawab, arahkan hubungan anda secara konstruktif, jauhilah membangun hubungan melalui langkah- langkah irrasional atau emosioanl. Tunjukkan alasan- alasan yang dapat dipertanggung jawabkan sebagai bukti kedewasaan.
4. Bersikaplah sejajar . Hormatilah pasangan anda seperti menghormati diri sendiri. Jangan menganggap ia sebagai orang lain , dan jauhilah sikap mendominasi atau duduk lebih tinggi . Katakan pada pikiran bawah sadar anda, ” Kita sama- sama manusia , sama- sama membutuhkan cinta dan ingin dicintai , tidak ada yang lebih kaya atau hebat dari kita , ” .
Sebenarnya banyak tips yang harus dituliskan , namun tulisan diatas adalah tips- tips dasar . Selamat mencoba dan jangan takut gagal . Semoga anda mampu membangun hubungan yang sehat dan harmonis kedepan.Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar